Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Bedanya Es Krim dengan Gelato

Menyantap kudapan manis dan dingin saat cuaca panas memang menjadi pilihan yang pas. Salah satu kudapan dingin yang menjadi favorit banyak orang adalah es krim dan gelato. Teksturnya yang lembut dan dingin serta rasanya yang lezat menciptakan sensasi berbeda di mulut. Selain itu, kedua kudapan tersebut memiliki banyak varian rasa seperti rasa cokelat, vanilla, stroberi, melon, anggur, semangka, green tea, taro, oreo dan lain sebagainya.

Namun, tahukah Anda jika kedua kudapan dingin tersebut ternyata berbeda? Mungkin selama ini kita menganggapnya sama, karena penyajiannya juga serupa dengan menggunakan cone dan dilengkapi berbagai macam topping di atasnya seperti biskuit, permen atau buah segar. Lalu, bagaimana perbedaan antara es krim dan gelato itu sendiri? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Bedanya Es Krim dengan Gelato

Cara Pembuatan yang Berbeda

Meskipun terlihat sama, ternyata proses pembuatan kudapan dingin tersebut berbeda loh. Pada es krim proses pengocokan dilakukan lebih cepat dan volume udara akan terus naik antara 25 sampai 90 persen. Hal ini yang akan membuat teksturnya menjadi lebih halus jika dibandingkan dengan gelato.

Sebaliknya, proses pengocokan pada pembuatan gelato dilakukan lebih lambat . Sehingga membuat teksturnya menjadi lebih padat dan lebih bercita rasa.

Takaran Bahan Saat Pembuatan

Bukan hanya cara pembuatannya yang sedikit berbeda, tetapi takaran bahan yang digunakan berbeda pula. Gelato dibuat dengan menggunakan whole milk dengan sedikit kuning telur, sehingga memiliki lemak yang lebih sedikit. Lalu, untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim yaitu susu full cream dengan takaran kuning telur lebih banyak dari gelato.

Kudapan dingin satu ini mengandung lemak yang lebih banyak, yaitu berasal dari bahan susu full cream yang digunakan sebanyak kurang lebih 10 persen. Meski begitu, kedua kudapan dingin ini tetap lezat untuk dinikmati.

Suhu Penyajian yang Berbeda

Apakah Anda mengira jika kedua kudapan dingin tersebut disajikan dengan suhu yang sama? Ternyata keduanya disajikan dalam suhu yang berbeda. Biasanya gelato disajikan pada suhu 3 derajat Celcius atau 15 derajat Celcius lebih hangat dibandingkan es krim. Sedangkan es krim disajikan pada suhu -12 derajat Celcius, jadi sudah dapat dipastikan jika disajikan dalam suhu gelato maka akan mudah meleleh. Sebaliknya tekstur gelato akan menjadi sangat keras.

Itulah beberapa perbedaan dari es krim dan gelato yang perlu Anda ketahui. Ternyata kudapan dingin tersebut memiliki perbedaan dari cara pembuatan, takaran bahan yang digunakan hingga suhu penyajiannya. Tentunya, kedua kudapan dingin memiliki cita rasa yang sama enaknya dan tetap menjadi favorit banyak orang.  Jadi, manakah favorit Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik represntatif berikut untuk mendapatkan lebih banyak informasi atau request quote / order

Chat Langsung Melalui WhatsApp